Wednesday, August 20, 2008

Kawasan Industri Di Bekasi



Selain Tangerang, Bekasi adalah daerah yang memiliki kawasan industri yang cukup banyak. Sekedar menyebutkan nama, ada Kawasan Industri Jababeka, EJIP (East Jakarta Industrial Park), MM2100, Delta Silicon Industrial Park, Hyundai Industrial Park, BIIE (Bekasi International Industrial Estate) dan beberapa kawasan industri yang lebih kecil.......

Kawasan industri yang menampung banyak perusahaan ini menjadi salah satu magnet mengapa Bekasi diminati oleh banyak pengembang perumahan. Alasannya, semakin banyak perusahaan, semakin besar pula kebutuhan perumahan untuk para pekerjanya. Selain terkenal sebagai kota industri, Bekasi juga terkenal sebagai kota perumahan…

Salah satu kawasan industri yang terkenal di Bekasi adalah kawasan Industri Jababeka di Cikarang. Dari Jakarta, Kawasan Industri Jababeka dapat dicapai melalui berbagai jalur. Yang paling mudah adalah melalui Tol Jakarta Cikampek dan keluar di pintu tol Cikarang. Alternatif kedua adalah melalui jalan negara Jakarta - Cikampek melalui Bekasi - Tambun - Cibitung - Cikarang. Dari terminal Cikarang, Jababeka dapat dicapai dengan menggunakan Angkot-angkutan perkotaan-KOASI (Koperasi Angkutan Bekasi) K-17 dan K-33. Alternatif lainnya adalah melalui jalur Cileungsi / Jonggol melewati kawasan Cikarang pusat. Dari arah Karawang - Cikampek, Jababeka dapat dicapai melalui tol maupun jalan negara Jakarta Cikampek.

Kawasan Industri Jababeka terdiri dari 2 kawasan, yaitu Jababeka I dan Jababeka II. Jababeka II merupakan pengembangan dan perluasan dari Jababeka I. Lokasi keduanya dipisahkan oleh Jalan Industri yang melintas mulai dari Terminal / Pasar Cikarang hingga Kawasan EJIP. Dari arah Jakarta, Jababeka I terletak pada sisi kiri, sedangkan Jababeka II terletak pada sisi kanan. Jababeka II berdekatan dengan perumahan kota Cikarang Baru.

Selain ditempati oleh perusahaan perusahaan besar, Jababeka juga terkenal dengan kampus President University yang menjadi universitas unggulan dibidang IT dan industri. Sederet tokoh nasional melalui President University Foundation ikut mendirikan perguruan tinggi ini. Di antaranya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof Dr Juwono Sudarsono, pakar hukum UI Prof Dr Charles Himawan, dan Menteri Negara BUMN Ir Laksamana Sukardi.

President University berdiri megah dengan bangunan empat lantai di kawasan industri Jababeka yang dikelilingi 1.020 perusahaan dan sebagian besar asing dengan luas keseluruhan 3.000 ha di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (Sumber : Harian Pelita).

Meski terletak di Bekasi, para pekerja diberbagai perusahaan di Jababeka berasal dari berbagai daerah. Jababeka bisa menjadi miniatur kota industri di Indonesia yang melibatkan pihak asing dan penduduk Indonesia dari berbagai latar belakang.

Saya pribadi sempat bekerja di Kawasan Industri Jababeka sekitar tahun 1996-1999. Saat itu saya bekerja pada PT. Ochiai Menara Indonesia, Jalan Jababeka V. Sejalur dengan PT. Ochiai adalah PT. Mattel yang terkenal dengan boneka barbie. PT. Ochiai sendiri awalnya adalah joint venture antara PT. Ochiai Jepang dengan PT. Menara Alam Pradipta, anak perusahaan Astra.

Jika satu saat ada peluang bekerja pada kawasan Jababeka, jangan takut bahwa ini terletak dipelosok pedalaman :-). Jababeka dapat dengan mudah dicapai melalui tol Jakarta Cikampek, tentu saja saat tidak macet :-D

2 comments:

THE VIKING on November 8, 2009 at 3:44 AM said...

pak ada lowongan kerja gk bwt lakilaki jurusan otomotif lulusan 2008?????

jayusman said...

jurusan sma ipa ada ga pak

Post a Comment

Advertisement

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | Revolution church Blogger Template by techknowl | Original Wordpress theme byBrian Gardner